Breaking News

ISLAM DAN PERBURUHAN – Khutbah Jumat 09 Oktober 2020

KHUTBAH PERTAMA

 

إنَّ الْحَمْدَ لِلَّهِ, نَحْمَدُهُ, وَنَسْتَعِينُهُ, وَنَسْتَغْفِرُهُ, وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ شُرُورِ أَنْفُسِنَا, وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا

مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ, وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ لَهُ,

أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ، شَهَادَةَ مَنْ هُوَ خَيْرٌ مَّقَامًا وَأَحْسَنُ نَدِيًّا.

 وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا محَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الْمُتَّصِفُ بِالْمَكَارِمِ كِبَارًا وَصَبِيًّا.

 اَللَّهُمَّ فَصَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَانَ صَادِقَ الْوَعْدِ وَكَانَ رَسُوْلاً نَبِيًّا، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ الَّذِيْنَ يُحْسِنُوْنَ إِسْلاَمَهُمْ وَلَمْ يَفْعَلُوْا شَيْئًا فَرِيًّا،

 أَمَّا بَعْدُ، فَيَا أَيُّهَا الْحَاضِرُوْنَ رَحِمَكُمُ اللهُ،

اُوْصِيْنِيْ نَفْسِيْ وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ، فَقَدْ فَازَ الْمُتَّقُوْنَ.

 

Alhamdulillah, nekham maseh dapok khik maseh dikeni kesempatan oleh Allah untuk melaksanakon kewajiban shalat Jum’at di khani mulia inji, di khag mulia, khik insyaallah bakhong jama jelma-jelma sai  dimuliakon  Allah. Shalawat khik salam kekalau senantiasa dicukhahkon jama Baginda Nabi SAW.

Payuulah nekham bekhusaha tekhus meningkatkon ketakwaan nekham jama Allah. Taat jama sunyinni syariat-NI khik meninggalkon lakhangan-NI. Dipapun khik kapan pun.

 

Hadikhin jamaah jum’ah rahimakumullah,

Allah tukhunkon Islam inji dengan kesempurnaanni. Segala hal diatukh. Tekhmasuk di antakhani soal perburuhan. Mungkin ingkah Islam, agama sai mengatukh masalah inji.

Penting bagi nekham untuk mengetahui khik memahamini. Nyin nekham  tetap dilom koridor agama nekham.

 

Perburuhan dilom Islam gelakhni ijarah. Dilom Islam, ijarah adalah: ‘aqd[un] ‘ala manfa’at[in] bi ‘iwadh[in] (akad/kesepakatan atas suatu jasa dengan adani imbalan/kompensasi tekhtentu).

 

Ijarah (perburuhan) adalah mubah (boleh). Dalilni antakha lain firman Allah SWT:

فَإِنْ أَرْضَعْنَ لَكُمْ فَـَٔاتُوهُنَّ أُجُورَهُنَّ

Kik tian(mantan istri) menyusui (anak-anak) kutti demi kutti maka kenilah jama tian upahni. (TQS at-Talaq [65]: 6)

 

Al-‘Allamah Syaikh Taqiyuddin an-Nabhani menjelaskon bahwa ayat di atas mekhupakon dalil kebolehan upah-mengupah atas suatu jasa.

Tekhkait ayat di atas, Ibnu Jarir ath-Thabari juga menuliskon: kik mantan istri kutti menyusui anak-anak kutti dengan upah maka bayakhlah upahni tian sebagai jasa penyusuan tekhhadap tian.

 

Dalil lainni adalah riwayat jak Ibnu Syihab  bahwa Nabi saw. Khik Abu Bakar ash-Shiddiq ra. pekhnah mempekekhjakon seorang musyrik Quraisy jak Bani Dayl sebagai penunjuk jalan saat tian khua hijrah jak  Makkah mit Madinah.

 

Nabi saw. juga bersabda:

أَعْطُوا الأَجِيرَ أَجْرَهُ قَبْلَ أَنْ يَجِفَّ عَرَقُهُ

Kenilah jam pekerja upahni semakung hitingni mekiang
(HR Ibnu Majah).

 

Hadis inji menunjukkon kewajiban seorang majikan membayar upah buruh manakala khadu selesai pekerjaanni. Hadis inji pun menunjukkon bahwa Nabi saw. Mawek ngehalang aktivitas ijarah (perburuhan).

 

Hadikhin jamaah jum’ah khahimakumullah,

Tapi ingok, ingkah jasa sai halal dilom Islam sai ngasi di-ijarah-kon. Sebalikni,

jasa-jasa sai haram terlarang muneh untuk di-ijarah-kon.

 

Akad sai khadu disepakati wajib dilaksanakon oleh kedua pihak majikan khik pekekhja. Allah SWT berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ أَوْفُوا۟ بِٱلْعُقُودِ

Hai jelma-jelma sai bekhiman, penuhilah akad-akad seno.

(TQS al-Maidah [5]: 1)

 

Majikan/pekhusahaan hakham mengurangi hak buruh, mengubah kontrak kekhja secakha sepihak, atau menunda-nunda pembayaran upah buruh.

 

Hadikhin jamaah jum’ah khahimakumullah,

Syariah Islam ngenikon pekhlindungan jama kaum buruh dengan mengingatkon pakha majikan/perusahaan sejumlah hal:
Pekhtama, pekhusahaan hakhus menjelaskon jama calon pekekhja jenis pekekhjaan, waktu/durasi pekekhjaan sekhta besaran upahni. Mempekekhjakon pekekhja tanpa kejelasan sunyinni seno mekhupakon kefasadan.

Kekhua, upah buruh mawek diukur jak standar hidup minimum di suatu daerah. Cara injilah sai dipakai sistem Kapitalisme di seluruh dunia. Akibatni, kaum buruh hidup dilom keadaan minim atau pas-pasan. Pasalni, gajini tian disesuaikon jama standar hidup minimum khang bekekhja.

 

Dilom Islam, besaran upah mesti sesuai jam besaran jasa sai dikenikon pekekhja, jenis pekekhjaan, waktu bekekhja khik khang bekekhja. Mawek dikaitkon jam standar hidup mininum masyarakat.

Pekekhja sai profesional/mahir di bidangni wajakh mansa upah lebih tinggi dibandingkon pekekhja pemula.

Ketelu, pekhusahaan wajib ngenikon upah khik hak-hak buruh sebagaimana akad sai khadu disepakati, baik terkait besaranni maupun jadwal pembayakhanni.

 

Ani Nabi Saw, menunda pembayaran tekhmasuk kezaliman:

قَالَ اللَّهُ ثَلاَثَةٌ أَنَا خَصْمُهُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ، رَجُلٌ أَعْطَى بِى ثُمَّ غَدَرَ، وَرَجُلٌ بَاعَ حُرًّا فَأَكَلَ ثَمَنَهُ، وَرَجُلٌ اسْتَأْجَرَ أَجِيرًا فَاسْتَوْفَى مِنْهُ، وَلَمْ يُعْطِ أَجْرَهُ

Allah khadu berfirman, “ wat telu golongan sai NYAK musuhi kak khani Kiamat: seseorang sai bekhjanji atas nama-Ku kemudian ingkar; seseorang sai menjual jelma merdeka kemudian menikmati hasilni; seseorang sai mempekhkekhjakan buruh khik buruh tekhsebut khadu menyempurnakon pekerjaanni, namun ia mawek ngenikon upahni.” (HR al-Bukhari)

 

Hadikhin jamaah jum’ah khahimakumullah,

Negakha wajib tukhun tangan menyelesaikon pekhselisihan buruh jama majikan/perusahaan. Negara mawek ngasi berpihak jama salah satu pihak. Akan tetapi, negakha hakhus menimbang khik menyelesaikon pekhmasalahan kedua pihak secakha adil sesuai jama ketentuan syariah Islam.

 

Dilom pandangan Islam, negakha hadir untuk mengukhusi khik melindungi kepentingan sunyinni anggota masyarakat, baik pengusaha maupun pekerja. Nabi saw. bersabda:

الإِمَامُ رَاعٍ وَمَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ

Imam (Khalifah) adalah pengukhus rakyat khik ia bertanggung jawab atas pengurusan rakyatni (HR al-Bukhari).

 

Khilafah adalah negakha sai bertanggung jawab penuh atas nasib rakyatni. Khilafah sai menekhapkon syariah Islam wajib menjamin kebutuhan hidup rakyat; ngenikon lapangan pekerjaan, menjamin kebutuhan hidup injuk pendidikan khik kesehatan, sekhta menjaga keamananni tian.

 

Khilafah juga aga menertibkon para pengusaha sai bekhlaku zalim jama  pakha pekekhjani tian. Bagi Khilafah, kesejahteraan rakyat di atas kepentingan pakha pengusaha.

 

 

[]

 

بَارَكَ الله لِي وَلَكُمْ فِى اْلقُرْآنِ اْلعَظِيْمِ، وَنَفَعَنِي وَإِيَّاكُمْ بِمَافِيْهِ مِن الآيَةِ وَذِكْرِ الْحَكِيْمِ وَتَقَبَّلَ اللهُ مِنَّا وَمِنْكُمْ تِلاَوَتَهُ وَإِنَّهُ هُوَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ، وَأَقُوْلُ قَوْلِي هَذَا فَأسْتَغْفِرُ اللهَ العَظِيْمَ إِنَّهُ هُوَ الغَفُوْرُ الرَّحِيْم

 

Khutbah II

 

اَلْحَمْدُ للهِ عَلىَ إِحْسَانِهِ وَالشُّكْرُ لَهُ عَلىَ تَوْفِيْقِهِ وَاِمْتِنَانِهِ. وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَاللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أنَّ سَيِّدَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ الدَّاعِى إلىَ رِضْوَانِهِ. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وِعَلَى اَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيْمًا كِثيْرًا

 

أَمَّا بَعْدُ فَياَ اَيُّهَا النَّاسُ اِتَّقُوااللهَ فِيْمَا أَمَرَ وَانْتَهُوْا عَمَّا نَهَى وَاعْلَمُوْا أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ فِيْهِ بِنَفْسِهِ وَثَـنَى بِمَلآ ئِكَتِهِ الْمُسَبِّحَةِ بِقُدْسِهِ وَقَالَ تَعاَلَى إِنَّ اللهَ وَمَلآئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلىَ النَّبِى يآ اَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا. اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلِّمْ وَعَلَى آلِ سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَنْبِيآئِكَ وَرُسُلِكَ وَمَلآئِكَةِ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَارْضَ اللّهُمَّ عَنِ اْلخُلَفَاءِ الرَّاشِدِيْنَ أَبِى بَكْرٍ وَعُمَر وَعُثْمَان وَعَلي وَعَنْ بَقِيَّةِ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَتَابِعِي التَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِاِحْسَانٍ اِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ وَارْضَ عَنَّا مَعَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

 

اَللهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُؤْمِنِيْنَ وَاْلمُؤْمِنَاتِ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَاْلمُسْلِمَاتِ اَلاَحْيآء مِنْهُمْ وَاْلاَمْوَاتِ اللهُمَّ أَعِزَّ اْلإِسْلاَمَ وَاْلمُسْلِمِيْنَ وَأَذِلَّ الشِّرْكَ وَاْلمُشْرِكِيْنَ وَانْصُرْ عِبَادَكَ اْلمُوَحِّدِيَّةَ وَانْصُرْ مَنْ نَصَرَ الدِّيْنَ وَاخْذُلْ مَنْ خَذَلَ اْلمُسْلِمِيْنَ وَ دَمِّرْ أَعْدَاءَ الدِّيْنِ وَاعْلِ كَلِمَاتِكَ إِلَى يَوْمَ الدِّيْنِ. اللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّا اْلبَلاَءَ وَاْلوَبَاءَ وَالزَّلاَزِلَ وَاْلمِحَنَ وَسُوْءَ اْلفِتْنَةِ وَاْلمِحَنَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ عَنْ بَلَدِنَا اِنْدُونِيْسِيَّا خآصَّةً وَسَائِرِ اْلبُلْدَانِ اْلمُسْلِمِيْنَ عآمَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمِيْنَ. رَبَّنَا آتِناَ فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى اْلآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. رَبَّنَا ظَلَمْنَا اَنْفُسَنَا وَاإنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ اْلخَاسِرِيْنَ.

 عِبَادَاللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُنَا بِاْلعَدْلِ وَاْلإِحْسَانِ وَإِيْتآءِ ذِي اْلقُرْبىَ وَيَنْهَى عَنِ اْلفَحْشآءِ وَاْلمُنْكَرِ وَاْلبَغْي يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ وَاذْكُرُوا اللهَ اْلعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوْهُ عَلىَ نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرْ