Laporan Rukyatul Hilal 1443 H Pontianak

Oleh: Ustadz Eko Nuryadi (Ketua Tim Rukyatul Hilal Pontianak)

Pada hari Jumat 1 April 2022 M bertepatan dengan 29 Syakban 1443 H, kami dari tim Ma’had inhadul Fikri melaksanakan ru’yat hilal di Pantai Kakap Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat. Pelaksanaan ru’yat hilal tersebut berdasarkan pendapat jumhur ulama dan dalil tentang kewajiban melakukan ruyat hilal secara global.

Berdasarkan ayat AlQuran surat Al Baqarah ayat 185, Allah SWT berfirman :

..فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُ..

Artinya : “Karena itu, barangsiapa di antara kamu menyaksikan (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu,” (Al-baqarah 185)

Berdasarkan hadits, Imam al-Bukhari telah mengeluarkan di dalam Shahih-nya dari jalur Muhammad bin Ziyad, ia berkata: aku mendengar Abu Hurairah ra berkata: Nabi saw atau Abu al-Qasim saw bersabda:

«صوموا لِرُؤيتِهِ وأَفْطِرُوا لرؤيتِهِ فإنْ غُـبِّيَ عليكم فأَكْمِلُوا عِدَّةَ شعبانَ ثلاثين»

“Berpuasalah kalian karena melihat hilal dan berbukalah kalian karena melihat hilal dan jika tertutup mendung bagi kalian maka genapkanlah hitungan bulan Sya’ban tiga puluh hari”.

Perlu dipahami didalam hadits ini terdapat seruan kepada kaum muslimin yang bersifat umum. Yaitu apabila hilal terlihat di tempat manapun maka kaum Muslim di mana saja wajib melaksanakan puasa ramadhan di pagi harinya. Begitu juga apabila terlihat hilal pada tgl 29 romadhon maka kaum muslimin dimana saja secara bersama-sama merayakan hari raya idul Fitri di pagi harinya, tanpa melihat kepada sekat-sekat nasionalisme.

Insyaallah kegiatan rukyat hilal ini akan dilakukan rutin setiap tgl 29 Sya’ban dan 29 romadhon setiap tahunnya. Pada hari ini tidak kurang dari 64 tempat di Indonesia serempak melakukan rukyat hilal, dan selanjutnya kita juga menunggu hasil rukyat saudara kita di belahan dunia yang lainnya seperti timur tengah, Afrika, Eropa dan lainnya. Apabila ada saudara kita disana yang berhasil melihat hilal, maka kita muslimin di Indonesia hari Sabtu tgl 2 April 2022 mulai berpuasa.

Oleh karena itu untuk menyatukan pendapat seluruh kaum Muslimin disinilah perlunya kehadiran seorang Imam/Khalifah untuk memastikan pelaksanaan rukyatul hilal di berbagai negeri-negeri Islam. Dan Khalifah memiliki hak untuk memutuskan ketetapan hasil pengamatan tersebut.

Adapun hasil pengamatan rukyatul hilal awal romadhon 1443 H yang dilakukan di Pantai Kakap Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat dengan koordinat 0°3’12,7″ LS, 109°10’7,2″ BT. Pada hari jum’at, 29 Sya’ban 1443 H/ 1 April 2022 M, Pada pukul : 17:48 WIB, dengan azimut matahari saat tenggelam 274°37’20”, Azimut bulan 272°29’5″, Altitude bulan 2°6’12” dan hilal awal Ramadhan tidak terlihat dengan kondisi ufuk tertutup awan. Maka dari itu kaum Muslimin dapat menunggu pelaksanaan hilal di berbagai belahan dunia Muslim lainnya. []

Wallahu’alam bisshowwab

Berbagai Foto Pelaksanaan Rukyat di daerah Pontianak dan Ketapang Kalimantan Barat