Breaking News

Manajemen Remaja Masjid DMDI KalBar

Sabtu, 17 November 2018. Bertempat di Masjid Syakirin Pontianak telah di adakan pembinaan Manajemen Remaja Masjid Asy-syakirin dan Remaja Masjid Baiturrahim. Kegiatan ini di hadiri oleh para pengurus remaja kedua masjid tersebut. Acara berlangsung dari pukul 20.00 malam hingga selesai. Program manajemen remaja masjid ini juga dapat terselenggara atas kerjasama dengan Dewan Masjid Digitial Indonesia Wilayah Kalimantan Barat.

Sebagai remaja islam tentu memiliki peran yang sangat penting dalam beraktivitas dakwah dan sebagai penerus risalah agama islam. Salah satu diantaranya dengan melibatkan diri dengan aktivitas sebagai remaja masjid. Dengan terlibat menjadi pengurus maka secara tidak langsung remaja menjadi bagian dari dakwah untuk mengajak orang kepada kebaikan khususnya bagi para pemuda pemudi islam.

Ustadz Irvan sebagai pemateri menyampaikan perkara yang penting dalam aktivitas sebagai remaja masjid yang pertama kali dilakukan adalah dengan meluruskan niat. Apa niat kita untuk terlibat di dalamnya. Dengan niat yang lurus lah akan terbentuk aktivitas yang benar sambil memperbaiki diri dengan cara mengkaji islam dan pemikiran islam. Hal ini lah yang harus dimiliki oleh para remaja. Niat yang lurus dan Cara yang benar.

Sebagai contohnya beliau sebagai salah seorang pengurus dari DMDI juga memaparkan bagaimana para pemuda islam di zaman Rasulullah yang sudah menjadi para pejuang islam diantaranya ‘Ali bin Abi Thalib berusia 8 tahun, Zubair bin al-Awwam berusia 8 tahun, Thalhah bin ‘Ubaidillah berusia 11 tahun, Arqam bin Abi al-Arqam berusia 12 tahun, ‘Abdullah bin Mas’ud berusia 14 tahun, Sa’ad bin Abi Waqash berusia 17 tahun, dan Ja’far bin Abi Thalib berusia 18 tahun. Mereka semua para pemuda yang rela mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran untuk membela agama islam. Jadi remaja masjid hari ini semestinya mencontoh para pemuda di masa Rasulullah. Selain mereka aktif dalam memahami islam dengan mengikuti berbagai kajian keislaman, mereka juga aktif dalam berdakwah.

Oleh karena itu sudah selayaknya pemuda dan remaja masjid hari ini untuk aktif dalam dakwah islam salah satunya dengan aktivitas sebagai remaja masjid. Jika Rasulullah begitu gigih mengabdi kepada Allah swt, mewujudkan dan menegakkan Islam di bumi ini, bagaimana dengan kita?. (WI)

Leave a Reply