Breaking News

OBSESI: 3 Maret 1924

Selasa 3 Maret 2020 bertempat di samara cafe lantai 2 diadakannya OBSESI yang membicarakan tentang runtuhnya khilafah yang dihadiri oleh 30 peserta dengan pemateri Naim Sulaiman S.Pd, M.Pd.

Khilafah sendiri ialah sebuah sistem kepemimpinan umum bagi seluruh kaum Muslim di dunia untuk menerapkan hukum-hukum Islam dan mengemban dakwah Islam ke seluruh penjuru dunia. Namun sayangnya pada tanggal 3 Maret 1924 khilafah runtuh.

Naim menambahkan, terdapat faktor internal dan eksternal yang menjadi penyebab runtuhnya khilafah. Pada faktor internal yaitu lemahnya pemahaman Islam dan buruknya penerapan Islam sedangkan pada faktor eksternal yaitu serangan pemikiran barat dan serangan militer barat.

Cerita singkatnya pada 3 Maret 1924 secara resmi khilafah Islamiyyah dibubarkan oleh seorang yang bernama Mustafa kemal Attaturk, dia seorang agen Inggris keturunan yahudi yang membuat khilafah runtuh. Pasca keruntuhan khilafah, umat Islam terus mengalami duka sedangkan barat terus menerus memecahkan persatuan umat Islam dalam negara-negara kecil, menempatkan dan mengganti penguasa boneka sesuai kepentingannya supaya mencegah kebangkitan khilafah.

Pada akhirnya, menurut Naim, khilafah akan bangkit karena itu janji Allah, tentunya umat Islam harus berjuang untuk menegakkannya dengan cara berdakwah. Dakwah adalah kewajiban setiap muslim dan amal yang sangat mulia, sekaligus amat sangat penting untuk penegakan kembali izzul Islam wa Al muslimin.

Leave a Reply