Breaking News

PAWAI MUHARRAM 1441H KETAPANG

Hampir 100 orang memadati jalan-jalan utama kota Ketapang dalam rangka melaksanakan pawai Muharram menyambut pergantian tahun baru Islam di pagi hari Minggu 1 September 2019. Dengan dikawal pihak kepolisian, acara yang bermula serta berakhir di halaman masjid agung Al Ikhlas Ketapang ini berlangsung dengan aman dan lancar. Panitia termasuk peserta terlihat sesekali menyapa masyarakat sambil melantunkan shalawat.

Terdiri dari santri, pemuda, masyarakat umum hingga ibu-ibu dari beberapa majelis ta’lim, peserta pawai melakukan long march sembari membawa berbagai properti pawai seperti kostum perang kolosal ala Islam, spanduk panjang pawai muharram dan spanduk panjang berisikan penjelasan tentang bendera Rasul SAW. Tak kalah semangat, di barisan wanita dan anak-anak ikut membawa poster hingga balon dan manggar yg membuat pawai semakin menarik perhatian masyarakat.

Yang paling mencolok dari pawai ini adalah terdapat banyaknya bendera Rasul yang dibawa oleh hampir seluruh peserta. Bendera yang berwarna hitam diusung oleh barisan pria dan putih oleh barisan wanita. Tujuan membawa bendera yang bertuliskan kalimat tauhid itu adalah sebagai bentuk dakwah untuk mensosialiasikan kepada masyarakat bahwa Al Liwa (berwarna putih) dan Ar Rayah (berwarna hitam) adalah bendera Rasul dan milik seluruh kaum muslimin serta bukan representasi dari ormas atau kelompok tertentu, demikian yang disampaikan oleh orator yang berorasi saat pawai berlangsung. Selain itu ada pula Al Liwa dan Ar Rayah berukulan kecil yang dibagi-bagikan ke masyarakat yang menyaksikan pawai di tepi jalan.

Majelis Ta’lim Daruts Tsaqafah selaku penggagas sekaligus penyelenggara acara juga telah menyelenggarakan Tabligh akbar sehari sebelumnya sebagai rangkaian acara penyambutan tahun baru Hijriyah. Ketua panitia menuturkan bahwa peringatan tahun baru Islam yakni hijrahnya Rasul harus dijadikan momentum perubahan bagi umat Islam menuju perubahan hakiki yakni diamalkan dan diterapkannya seluruh aturan Allah SWT. [ER]

Berbagai Foto Kegiatan :

Leave a Reply