Breaking News

Penyebab Runtuhnya Khilafah

Berbicara keruntuhan Khilafah maka ada umat akan mengingat dua hal: Mustafa Kamal at-Taturk dan Inggris. Dua hal ini saling terkait karena keduanyalah yang menjadi kunci keruntuhan negara adidaya pada saat itu. Mustafa Kamal adalah agen yang menusukkan belati beracun ke tubuh Khilafah, sedangkan Inggris adalah pihak yang menyediakan belati dan racunnya, serta mengatur momen penikaman tersebut. Akibat tikaman itu darah umat masih menetes dan racunnya masih mengalir ke jaringan pembuluh darahnya.

Bila hanya sepintas membaca sejarah tentang keruntuhan Khilafah Islamiyah, orang akan berpikir bahwa sistem Kekhilafahan sama saja dengan berbagai kerajaan, kekaisaran atau juga imperium komunisme Uni Soviet yang juga mengalami keruntuhan. Orang bisa mengatakan bahwa sistem Khilafah Islamiyah sama rapuhnya dengan sistem lain.

Namun, bila kita mencermati penyebab keruntuhan Khilafah akan terlihat perbedaan jelas. Sistem politik dan pemerintahan selain Islam hancur karena ketidakmampuannya mengantisipasi beragam persoalan yang berkembang, ditambah lagi terjadinya korupsi kekuasaan yang akut.
{ Script : Ustadz Iwan Januar }

Simak uraian selengkapnya !!!

https://youtu.be/WOXu4_wB7LQ

Leave a Reply