Breaking News

Refleksi Persatuan Umat Muslim Kalbar 2018 : Ust Sardiawan Umar – Kita Harus Berjamaah


Pimpinan Pondok Tahfidz Mizbah Al-Mizan, Pontianak, Ustadz Sardiawan Umar menyampaikan setidaknya ada empat hal yang harus dilakukan dalam ranga refleksi persatuan umat muslim di Kalimantan Barat. Hal tersebut disampaikan ustadz Sardiawan saat diundang mengisi Halal bi Halal 1439 H, Tabligh Akbar dan Sholawatan yang diselenggarakan oleh Ma’had Inhadul Fikri di Masjid Besar Mujahidin Pontianak, Ahad, 15 Juli 2018 lalu.

Hal pertama, menurut ustadz muda yang juga pengurus Front Pembela Islam (FPI) Kalimantan Barat ini adalah, orang-orang bertakwa adalah orang-orang yang akan menang. Ketakwaan adalah sesuatu yang mutlak bagi orang-orang beriman. Menjalankan seluruh perintahNya, meninggalkan seluruh laranganNya, dalam setiap sendi kehidupan adalah perwujudan dari takwa. Siapa pun yang bertakwa, maka dia pasti akan meraih kemenangan karena itu janji Allah.

Poin yang kedua dalam rangka merefleksi persatuan umat muslim Kalbar adalah menjadikan masjid sebagai poros aktivitas. Masjid, menurut ustadz Sardiawan, adalah rumah Allah. Kemenangan akan dimulai dari rumah Allah. Hari ini masih banyak kaum muslimin yang memanfaatkan masjid hanya sebagai sara sholat saja. Padahal betapa banyak fungsi Masjid. Bahkan di zaman Rasulullah, strategi perang pun dilakukan di Masjid. Begitupula dengan mengelola kehidupan bernegara. Aktivitas dimulai dari masjid.

“Masjid itu salah satu tempat kita berpolitik. Banyak informasi bermafaat yang bisa disampaikan kepada seluruh umat Islam dari dalam Masjid. Persatuan akan solid dari masjid. Kemenangan akan diraih dan dimulai dari masjid,” kata Ustadz Sardiawan bergelora yang disambut pekik takbir dari jamaah yang hadir.

Berikutnya yang ketiga mengatakan yang hak maka sirnalah yang batil. Amar ma’ruf nahi mungkar. Tidak akan ada kemenangan jika kita tidak mau mengatakan yang hak. Kemungkaran akan terus terjadi dan itu harus dilawan. Walaupun hal tersebut bisa berdampak kematian. Tapi bukankah hidup ini akan berujung kematian? Kematian yang paling indah adalah mati syahid di jalan Allah. Itu lah yang kita cari.

Hal keempat yang begitu penting untuk meraih kemenangan adalah selalu berada dalam jamaah. .Ini syarat mutlak. Perjuangan tak bisa dilakukan sendirian. Kita harus berada dalam kelompok-kelompok para pembela agama Allah. Berjuang bersama untuk meraih tujuan bersama. Sudah saatnya seluruh umat muslim bersatu dalam jamaah yang kuat. Karena di situlah kunci kemenangan.

Kembali seruan takbir menggema. Kembali jamaah yang hadir bersemangat penuh gelora. Ustadz Sardiawan Umar adalah satu dari empat pemateri yang menyampaikan tausiyahnya. Selain beliau, hadir pula Al Habib Abdurrohman Al Muthohhar dari Pondok Pesantren Al Habi Sholeh Bin Alwi Al Hadad, Ust Muslim Al Banjary, pengasuh Ma’had Inhadul Fikri, juga Ustadz Muhammad Rahmad Kurnia, da’i dari Bogor.

 

Leave a Reply